Tuesday, August 28, 2007

Penumpang Kapal

Dalam kapal penumpang Dobonsolo ini
Bermacam warna beragam bunga
Lalu lalang orang-orang
Kemana hendak mereka tuju?
Yang nampak hanya selujur harap dalam tatap lekat


Kelas ekonomi mengantri makan dengan piring ompreng
Kelas VIP makan sambil dilayan dengan meja lebar besar
Tetapi rasa suka begitu sama
Ketika bunyi suara menggema
“ ABK deck, siap muka belakang”!
…serang kiri, serang kiri
anak tangga menjulurkan birahi
satu persatu orang datang dan pergi


kulihat perempuan berdiri di lambung kiri
matanya basah oleh kenangan
tentang ombak tentang perompak
dan dilepasnya sebatang bibir memar
O cintaku
Kembalilah kepada muasalmu


Seorang penarik tali kapal hampir mati
Aku terlalu lama di sini
Hingga anak bini tak tahu sampai kini


Kemudian, di antara ribu penumpang ekonomi
Gadis muda menulis pesan
“ibu, aku hampir sampai di Malaysia
di sini begitu tenang, begitu nyaman
hingga aku tak tahu apakah harus terus lurus
atau berbalik kembali kepadamu”.


Dan aku…
Kembali ke dalam kamarku
Lalu lalang orang-orang di luar
Dalam kepala tumbuh mekar
Ladang labirinku melingkar lingkar
:ah aku tak menguasa

KM Dobonsolo – 20 Okt’06

0 Comments:

Post a Comment

<< Home